Sebuah Pembodohan

Jika berbicara tentang Sistem Operasi Android, maka kita berbicara tentang support aplikasi, kenyamanan pemakaiannya, dan tidak lupa daya tahan batteraynya. Lain tidak. Jika salah satunya dilupakan, maka itulah yang saya sebut dengan pembodohan.Jika keduanya disatukan, maka nilai tertinggi dari kesemuanya itulah yang menjadi terbaik sementara. Dikatakan sementara karena cepatnya perkembangan dan keluarnya produk yang terus menerus dengan peningkatan disisi software maupun hardwarenya.
Jika berbicara brand yang mengeluarkan produk dengan OS Android maka kita berbicara tentang sejarah, image, layanan purna jual, dan kekonsistenan kualitas produk yang mereka telurkan. Jika salah satunya diabaikan, maka saya tidak akan ikut dalam cara pandang yang menyesatkan itu.
Analogi sederhana tentang tingkat kebutuhan kita jika ingin menggunakan perangkat berbasis android adalah sama dengan penyesuaian kebutuhan kita dengan komputer. Untuk kebutuhan apa perangkat itu akan digunakan, dengan begitu kita bisa menyesuaikan dengan spesifikasi yang akan kita cari. Dengan spesifikasi dan dengan patokan harga pasar secara resmi dari sebuah produk, maka semakin mahal produk tersebut jelas akan semakin bagus pula produk yang akan kita dapatkan. Karena harga tidak pernah bohong. Karena itu pula nilai uang yang kita keluarkan akan berbanding lurus dengan kualitas barang yang kita tukarkan, kecuali jika tertipu. Tentunya hukum permintaan dan penawaran adalah salah satu yang mempengaruhinya.
Sebagai penjual, saya sering melakukan pembodohan dengan kesengajaan menyembunyikan informasi, seolah melupakan hal yang penting tentang kelemahan spesifikasi sebuah perangkat android. Sering saya mengatakan bahwa Samsung Galaxy Y misalnya adalah handphone android yang paling masuk akal harganya. Tentu hal ini bisa diperdebatkan, karena kembali pada kebutuhan penggunanya. Tetapi yang saya maksudkan disini adalah pengabaian penjelasan saya pada konsumen tentang kualitas layar yang sangat mengecewakan ditilik dari hal utama sebuah perangkat handphone andriod bagi pemakai adalah kenyamanan saat browsing dan menjalankan aplikasi, apalagi yang lebih penting dari itu? telepon dan sms?.
Para penjual sering melakukan pembodohan dengan kesengajaan mengabaikan hal hal yang penting tentang ketidak butuhan konsumen dengan spesifikasi perangkat yang dicarinya. Mungkin hal yang di utamakan adalah keinginan konsumen dengan sebuah perangkat untuk kebutuhan “wah”. Penjual akan mengatakan bahwa produk dari Samsung, HTC, Sony ataupun merk terkenal lainnya yang harganya paling mahal adalah yang paling baik. Tidak sulit untuk berbicara panjang lebar dan lama mengenai keunggulan produk produk tersebut untuk meyakinkan konsumen. Banyak penjual melakukan pembodohan dengan mengabaikan pertimbangan produk lain yang spesifikasi maupun harganya lebih cocok bagi konsumen.

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post

Sponsored